Jumat, 25 Maret 2011

Konsep Psikologi

Apa sih psikologi itu??? Secara etimologis, istilah psikologi berasal dari Yunani, yaitu dari kata “psyche” yang berarti jiwa, dan “logos” yang berarti ilmu. Jadi psikologi yaitu ilmu jiwa atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan.

Berikut ini adalah pengertian psikologi menurut para ahli :
1.Ernest Hilgert (1957)
Dalam bukunya Introduction to Psychology, “Psychology may be defined as the science that studies the behavior of men and other animal”. (Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan lainnya)

2. George A. Miller (1974 : 4)
Dalam bukunya Psychology and Communication, “Psychology is the science that attempts to describe, predict, and control mental and behavioral events”. (Psikologi adalah ilmu yang berusaha menguraikan , meramalkan, dan mengendalikan peristiwa mental dan tingkah laku)

3. Robert S. Woodworth dan Marquis DG (1957 : 7)
Dalam bukunya Psychology, “ Psychology is the scientific studies of individual activities relation to the inveronment”. (Psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari aktivitas atau tingkah laku individu dalam hubungan dengan alam sekitarnya)

Dari ketiga pengertian psikologi berdasarkan para ahli ada beberapa kata yang sama yaitu sama-sama menyebutkan tingkah laku,individu atau manusia. Jadi dapat disimpulkan bahwa Psikologi itu merupakan salah satu ilmu atau pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam melakukan hubungan dengan alam sekitarnya.
Meskipun belum ada definisi yang pasti tentang psikologi, dikarenakan adanya berbagai perspektif tentang para ahli, namun yang penting bahwa psikologi itu ialah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia untuk mengetahui kejiwaan seseorang.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons