Jumat, 25 Maret 2011

Apa Sih Pentingnya Psikologi?

Cara berpikir manusia yang menyebabkan beragam tingkah laku membuat ketertarikan sendiri bagi seseorang untuk mempelajarinya. Manusia adalah individu unik yang diciptakan dengan rasa ingin tahu yang terus berkembang. Rasa ingin tahu tersebut mendorong manusia untuk mengetahui sebab-sebab seseorang berpikir dan melakukan suatu tindakan. Maka dari itulah dikenal istilah atau ilmu psikologi. Dengan memperoleh pengetahuan tentang perilaku, kodrat, tabiat atau pribadi manusia, seseorang dapat mengenali dirinya sendiri, apa yang menjadi kelemahan dan keunggulannya. Dengan mengenali kepribadiannya pula seseorang dapat mengurangi masalah-masalah yang timbul dalam dirinya dan mengatasinya.

Jika seseorang dapat mengenali diri dan memahami kepribadian orang lain, seseorang tersebut akan dapat lebih baik menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Orang tersebut mengenal orang lain dari sifat dan sikap yang dia senangi ataupun tidak disenangi, sehingga kita dapat mengambil langkah untuk bergaul dengan dia atau mereka. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu berhubungan dengan orang lain. Bagaimana kita dapat menempatkan diri sebagai individu, bagaimana kita memahami perasaan orang lain dan menghargai pendapat orang lain…? Semua itu dapat dipelajari dalam psikologi. Psikologi selalu dibutuhkan dalam berhubungan dengan orang lain.

Psikologi mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya. Perilaku adalah segala aktivitas manusia yang selalu dilakukan dalam keadaan apa saja dan dimana saja. Kita tertawa, menangis, tidur di kasur, makan, berangkat sekolah, pulang, pergi ke suatu tempat adalah aktivitas yang merupakan tingkah laku. Jadi, tingkah laku selalu ada dalam kehidupan dan menyentuh segala sisi kehidupan. Jadi psikologi diperlukan dalam kehidupan kita, walaupun kita tidak bermaksud memperdalam, psikologi selalu menyertai kehidupan kita. Dengan memahami psikologi dengan baik, setidaknya kita dapat menjadi manusia lebih baik yang mengenali diri sendiri dan memahami orang lain.

Suber : 
Klik Tulisan Ini

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons