Minggu, 10 April 2011

Hubungan Warna dan Emosi

Kita menyadari bahwa hari yang cerah bisa mengangkat suasana hati, ruang belajar dengan nuansa warna biru bisa meningkatkan gairah belajar, dan taplak meja berwarna orange atau merah membuat kita makan lebih lahap. Tetapi, mekanisme otak yang terlibat di dalam efek seperti itu masih belum terlalu diketahui.

Para periset pada Cyclotron Research Centre (University of Liege), Geneva Centre for Neuroscience (University of Geneva) dan Surrey Sleep Research Centre (University of Surrey) meneliti efek cahaya serta komposisi warnanya , pada pemrosesan emosi di otak dengan menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional. Hasil kajian mereka menunjukkan bahwa warna cahaya mempengaruhi cara otak manusia memroses rangsangan emosional.

Aktifitas otak dari para relawan sehat direkam sementara mereka mendengarkan “suara-suara marah” dan “suara-suara netral” serta dipapar cahaya biru atau hijau. Cahaya biru bukan hanya meningkatkan respon terhadap rangsangan emosional pada “area suara” otak dan hippocampus, yang penting untuk proses ingatan, tetapi juga menjurus ke interaksi yang lebih ketat antara area suara, yang adalah area kunci dari pengaturan emosi, dan hipothalamus, yang esensial bagi pengaturan ritme biologis.

Penemuan kajian ini memiliki dampak penting pada pemahaman kita akan mekanisme warna pada emosi, yang bisa kita gunakan dalam mengatur cahaya lingkungan untuk mengubah suasana hati, bukan saja pada kasus kelainan suasana hati yang menggunakan terapi cahaya, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, di rumah, di sekolah, dan di tempat kerja, termasuk bagaimana memilih warna pada kemasan berbagai macam produk , warna dominan ruang caffe, bengkel dan klinik bersalin serta berbagai tempat lainnya.

Warna dan hari

Warna dipercaya bisa mempengaruhi kesehatan dan kebahagiaan anda, sekaligus ikut menentukan keberuntungan anda. Kenakanlah busana dengan warna yang sesuai di hari-hari kerja anda dan perhatikan apakah keberuntungan anda ikut berubah.

Mengenakan busana atau t-shirt warna kuning pada minggu atau sunday yang berasal dari sun atau matahari, di mana matahari mempengaruhi matahari. Gunakan handuk kuning muda atau hias rumah anda dengan rangkaian bunga warna kuning pada hari ini. Hal ini dipercaya bisa meningkatkan kebahagiaan, menenangkan pikiran dan akan mengharap hari minggu anda cepat berlalu.

Hari senin atau Monday berasal dari moon adalah hari emosional tinggi. Kenakanlah busana warna putih, krem, dan biru akan membantu mengendalikan emosi. Karena hari Senin dipengaruhi bulan, Senin bukanlah hari baik untuk memulai diet karena makanan mempunyai hubungan yang erat dengan emosi anda. Lakukanlah pada hari Selasa atau Rabu, hal itu akan sukses saat anda memakai warna cerah.

Untuk hari Selasa biasanya dipengaruhi planet Mars yang berapi-api sekaligus aktif. Mengenakan warna merah, merah tua dan orange akan membantu anda menangani semua aktivitas dan membuat anda merasa lebih bersemangat. Selasa merupakan hari baik untuk kegiatan bisnis atau menyelesaikan sesuatu.

Rabu yang dipengaruhi planet Merkurius merupakan planet komunikasi dan keberhasilan. Warna yang cocok untuk anda kenakan adalah warna cerah seperti biru pastel atau merah muda. Siapkan busana yang warnanya paling cerah agar anda akan merasa senang sepanjang hari. Jika anda ingin memulai proyek baru, membuka usaha atau pindah rumah, ini adalah hari yang cocok melakukan itu semua.

Sedangkan untuk hari Kamis yang dipengaruhi Yupiter merupakan planet pertumbuhan dan prestasi. Hari ini adalah hari keberhasilan dan ekspansi. Kenakanlah busana warna biru atau violet, yang merupakan warna damai serta dukungan. Jika anda ingin merencanakan makan malam romantis di hari Kamis, hiasi ruangan dengan bunga violet dan jangan lupa kenakan busana biru.

Selanjutnya untuk hari Jumat yang dipengaruhi planet Venus merupakan hari pertumbuhan. Kenakanlah busana berwarna hijau atau warna-warna tanah. Hari ini juga sangat baik untuk mencuci dan berlibur, tempatkan sebuah pot tanaman di dalam rumah.

Planet Saturnus mempengaruhi hari Sabtu dan dikaitkan dengan kedudukan seseorang dalam masyarakat. Sabtu merupakan hari di mana kegiatan rutin bisa mendadak berubah dan menimbulkan kekacauan. Sebenarnya hari Sabtu tidak baik untuk melakukan suatu ikatan perkawinan, hari yang baik adalah hari Rabu. Kenakanlah busana yang berwarna ungu, cokelat atau hitam seperti satin atau brokat hitam agar hari Sabtu anda berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Siapkanlah busana dan aksesoris untuk mengisi hari-hari anda lebih cerah, bahagia dan sempurna.

sumber: media kawasan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons