Minggu, 10 April 2011

Cara mengatasi Perasaan Bersalah

Perasaan bersalah itu bagus, sesuatu yang patut disyukuri, sebuah sinyal sesuatu harus dibereskan. Perasaan bersalah itu adalah bentuk pengakuan. Hanya dengan jujur mengakuinya terlebih dahulu, bahwa ada sesuatu yang harus diluruskan, maka seseorang sudah selangkah lebih maju untuk kemudian akan mencari cara bagaimana meluruskan hal yang membuatnya merasa bersalah tersebut. Perasaan bersalah sebaiknya disampaikan, meminta maaf kepada siapa saja yang sedang terlibat dalam hubungan, dimana perasaan bersalah itu berasal. Entah kepada anak, pasangan, orang tua, kawan, kolega, orang yang baru dikenal yang tak sengaja tersenggol di jalan, dan seterusnya.

Penyampaian perasaan bersalah ini akan menenangkan pikiran, sebab seseorang akan mendapatkan kepastian mengenai kualitas sebuah hubungan. Setelah permintaan maaf, seseorang memiliki kesempatan untuk membangun kembali hubungan yang baik. Selain itu, dengan menyampaikan latar belakang perasaan bersalahnya, dari dialog yang kemudian terjadi, seseorang akan tahu apa sesungguhnya yang ada dalam pikiran orang yang merasa dipersalahi. Sebab bisa terjadi, perasaan bersalah itu terjadi karena dugaannya yang kurang baik. Dengan dialog diharapkan segala sesuatunya menjadi jelas.

Dari bangun tidur hingga mau tidur lagi, manusia berhubungan dengan manusia. Persinggungan, gesekan, salah paham, bisa terjadi di dalam hubungan tersebut. Segala jenis hubungan antarmanusia retak, salah satunya terjadi karena dugaan yang tidak baik. Dugaan yang tidak baik ini merasuk dalam pikiran, berkembang liar lalu berakhir dengan kesimpulan yang ternyata keliru. Oleh sebab itu, kalau mau menduga sebaiknya menduga yang baik. Lebih mudah menduga baik. Kalaupun salah akan menjadi salah baik, bukan salah salah.
Menduga tidak baik itu melelahkan. Itulah mengapa kunci sukses segala jenis hubungan terletak pada komunikasi yang baik dan terbuka. Dengan keterbukaan, segala masalah serumit apapun tampaknya akan bisa segera diurai untuk kemudian diatasi dengan lebih cepat. Sehingga lelah hati itu tidak perlu berlangsung lama.

Pernyataan bersalah akan mengantarkan seseorang pada kelapangan dada. Dengan lapang dada, seseorang akan mudah menjalin hubungan yang baik ke atas, ke bawah, ke samping kiri, ke samping kanan. Menjaga hubungan baik kepada empat dimensi tersebut, dunia akan penuh kedamaian.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons